Skip to main content

PERANCANGAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI ADAPTIF PADA PADA BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL

Nama Pengarang
Dewi Hernikawati, Yan Andriariza Ambhita Sukma, Nur Indrawati,Yulia  Razila Ningsih
Dan di rangkuman oleh :
Ahlan Wahsyahlan
NIM T0118013

Perancangan insfrastruktur TI adaptif pada Badan Tenaga Nuklir Nasional atau di singkat BATAN dipandang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan terkait dengan penelitian dan kemitraan yang merupakan fungsi utama BATAN penelitian ini menggunakan kerangka kerja The Open Group Architeture Framwork Archinture Development Method ( TOGAF ADM ). Penelitian ini menghasilkan rancangan infrastruktur Teknologi Informasi adaptif di Badan Tenaga Nuklir Nasional    (Hasil Penelitian).  yaitu terdapat lima aplikasi yang dipertahankan dan lima aplikasi yang diganti. Dan juga   Terdapat aplikasi dan infrastruktur tambahan, yaitu: Sistem Informasi Penelitian Online (SIPO), Sistem Informasi Kemitraan Online (SIKO), dan Simple Object Acsess Protocol (SOAP)
Ada beberapa aplikasi yang dapat di pertahankan dan juga ada aplikasi yang diganti dan juga terdapat aplikasi dan infrastruktur tambahan ada tiga penjelasan antara lain :
A.    Sistem informasi penelitian online ( SIPO )
dalam Mewujudkan e-Government bertujuan untuk menyediakan media pusat data kepegawaian dalam bentuk database yang disajikansecara online. Sehingga program ini dapat memenuhi kebutuhan data pegawai dan sinkronisasi database kepegawaian antara SIPO dengan BKN. Data atau informasi yang dikelola melalui SIPO digunakan oleh user dalam mengambil keputusan menata dan menempatkan PNS, Perencanaan Pegawai, Pengembangan pegawai, laporan rutin kepegawaian, dll. Dan juga Implementasi program SIPO ini berpengaruh pada layanan kepegawaian yang lebih baik dan lebih cepat dengan memanfaatkan e-government yaitu sebuah sistem informasi yang lebih luas mencakup semua kebutuhan pegawai
B.     Sistem informasi kemitraan Online ( SIKO )
 suatu sistem yang di gunakan untuk manajemen pendaftaran, analisis kelayakan peminjam, hingga pembayaran cicilan pinjaman. Dengan adanya Sistem Informasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan yang menyimpan dan mengolah data pinjaman yang ada.
C.     Simple Object Acsess Protocol ( SOAP )
Adalah standar untuk bertukar pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi ( OS ) untuk berkomunikasi dengan program OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.
Didalam artikel ini kita akan mengupas 5W+1H mengenai peranan insfratruktur teknologi informasi adaptif pada badan tenaga nuklir nasional
1.      Peristiwa apa  yang terjadi adalah badan tenaga nuklir nasional yang merupakan salah satu lembaga pemerintah. Dan terwujudnya batan sebagai lembaga unggulan iptek nuklir ditingkat regional dan peningkatan peran iptek nuklir dalam mendukung pembangunan nasional menuju kemandirian bangsa.
2.      Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu zachman ( Rosalina et al, 2014 )  beliau yang membuat perancangan insfratruktur jaringan komputer dalam konsep membangun serang menuju smarcity yang menghasilkan rancangan dan menggunakan kerangka kerja hasil penelitian berupa cetak biru rancangan insfratruktur jaringan komputer yang dibentuk matrik pada kerja zachman.
3.      Mengapa peristiwa itu terjadi karena pengumpulan data untuk penelitian yang dilakukan dengan mewawancara pegawai yang kompoten dilingkungan BATAN dan studi literatur dokumen formal organisasi BATAN.
4.      Kapan peristiwa itu terjadi sesuai dengan rencana strategis BATAN 2015-2019 adalah terwujudnya BATAN sebagai lembaga unggulan iptek nuklir ditingkat regional dan peningkatan peran iptek nuklir dalam mendukung pembangunan nasional menuju kemandirian bangsa.
5.      Dimana peristiwa itu terjadi bppki jakarta jl pegangsaan timur no 19 B, jakarta pusat  badan tenaga nuklir nasional fungsi utama yaitu penelitian diseminasi kemitraan dan pengembangan teknologi informasi. Fungsi pendukung yaitu perencanaan dan evaluasi program penyusunan anggaran pengembangan SDM.
6.      Bagaiamana peristiwa itu terjadi karena penelitian yang melakukan penelitian ( BATAN ) yang melalui wawancara dengan pegawai yang kompoten yang berada di lingkungan batan.
                          Oleh karena itu peranan insfratruktur teknologi informasi adaptif pada badan tenaga nuklir nasional Infrastruktur Teknologi Informasi (TI) adaptif (Robertson and Sribar, 2002) disusun dengan menggunakan pola tertentu untuk mendukung penerapan Teknologi Informasi dan mudah disesuaikan dengan kondisi. Manifestasi dari infrastruktur TI adaptif adalah:
a.       Efficiency, dengan tersedianya komponen-komponen yang dapat dimanfaatkan bersama oleh berbagai sistem aplikasi (lama dan baru);
b.      Effectiveness, menggunakan komponenkomponen yang mudah dipadukan (interoperable) dan diintegrasikan;
c.         Agility, dengan komponen-komponen yang mudah dirombak, di-upgrade, atau diganti.
d.        Tolak ukur dari adaptiveness infrastruktur TI, yaitu: time to market (kecepatan dalam implementasi lyanan baru); scalibility (mampu mengakomodasi peningkatan penggunaan/beban); extensibility (kemudahan menambah komponen baru); complexity partitioning (partisi arsitektur aplikasi kedalam komponenkomponen yang dapat dikelola secara terpisah (modular)); reusability (pemanfaatan ulang atau pemanfaatan silang komponen-komponen infrastruktur oleh berbagai layanan TI organisasi; dan integration (pemanfaatan teknologi open standar yang memungkinkan integrasi antar komponen infrastruktur).                                                                                                                     Referensi:                                                                                                                                                       Hernikawati, D., Sukma, Y. A., Indrawati, N., & Ningsih, Y. R. (2016). Perancangan infrastruktur teknologi informasi adaptif pada badan tenaga nuklir nasional. Jurnal Penelitian Komunikasi, 19(2).                                                     



Comments